Ongol-ongol Sagu Gula Merah Sederhana Uenakkk, Berasa Banget Gula Merahnya, Wajib Coba Nih Momms

Teksturnya yang kenyal dan lembut, serta rasa manis nan gurih dapat dirasakan di dalam mulut saat menyantap kue basah dengan nama ongol-ongol ini.


Dua hal inilah yang membuat ciri khas sekaligus daya tarik dari kue ongol-ongol. Kue ini memiliki banyak sekali varian, karena dapat dibuat dari beberapa bahan dasar yang berbeda, seperti tepung sagu, hunkwe, atau singkong. Bahan dasar inilah yang membuat teksturnya menjadi sangat kenyal. Untuk memberikan warna yang lebih menarik, bunda dapat menambahkan pewarna makanan kedalam adonannya. Jangan lupa untuk selalu basahi loyang terlebih dahulu agar nanti kue mudah untuk dikeluarkan. Sebagai pelengkap, taburi dengan parutan kelapa di atasnya agar lebih lezat.

Ongol-ongol by @vitakwee

Bahan 1 :
400 gram gula merah
100 gram gula pasir
900 cc air (saya santan encer)
Garam secukupnya
Daun pandan

Bahan 2 :
500 gram sagu (saya tepung tapioka tani)
500 cc santan (dari 1 butir kelapa)
1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Ongol-ongol :

Campurkan semua bahan satu, kemudian didihkan hingga gula larut, lalu sisihkan.

Campurkan semua bahan dau, aduk rata, kemudian tuangkan bahan satu (cairan gula merah) yang masih panas, lalu aduk rata dan saring.

Panaskan kukusan (lapisi tutup dengan serbet) kemudian oles dengan minyak ke loyang dengan ukuran 24cm.

Kukus perlapis hingga adonan habis, kemudian kukus lagi selama dua puluh menit (mau langsung semua adonan juga bisa ya moms, cuma dikawatirkan matang'nya kurang rata) tiap menuang adonan diaduk rata dulu ya.

Dinginkan, kemudian alasi pisau dengan plastik bening biar potongannya rapi.

Sajikan dengan cocolan kelapa setengah tua yang dikukus terlebih dahulu, kemudian beri sedikit garam (aduk rata) lalu tambahkan beberapa lembar daun pandan dan siap disajikan.

Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel