Resep Brownies Cake Kukus Putih Telur Lembut & Nyoklat. Bisa Buat Ide Jualan Lho

 Bismillah, punya banyak stok putih telur di freezer sisa buat bolu yang cuma pake kutelnya.



 Putelnya dari 1 kg telur kebayang banyaknya. Saya sudah buat cake brownis imi 2× ini. Ayo manfaatkan putih telur jadi cake coklat yang lembut dan nyoklat, saya jadikan cake potong biar langsung ambil dan dinikmati. Bisa buat ide jualan loh.


Brownies Cake Kukus Putih Telur Lembut & Nyoklat

By : Diyah Kuntari


Bahan - bahan :

360 gram putih telur

180 gram gula pasir

1 sdt sp

140 gram terigu kunci

30 gram coklat bubuk (saya : van houten)

100 gram dcc/coklat batang (saya : colatta)

120 ml minyak goreng

3 sdm skm (saya : frisian flag coklat)

Cara Membuat :


Lelehkan dcc dengan metode double boiler jadi wadah berisi dcc diletakkan di atas panci berisi air mendidih dengan api sedang, setelah meleleh semua, lalu matikan api.


Setelah agak hangat masukkan minyak dan skm, di foto ini saya pakai skm putih waktu buat yang pertama kali, yang kedua pakai skm coklat nggak ke foto.


Mixer gula dan putih telur hingga berbuih dan gula benar-benar larut, baru masukkan sp, kemudian mixer lagi sampai mengembang putih kental berjejak.


Setelah itu tuang ayakan terigu dan coklat bubuk, kemudian mixer speed rendah sampai rata.


Tuang cairan coklat kedalam adonan putih, aduk balik rata, kalau ingin cepat homogen/menyatu, bisa pakai metode pancing ya.


Ambil beberapa sendok adonan putih ke cairan coklat, aduk rata, baru masukkan campuran ke adonan putih, lalu di aduk balik rata.


Jangan sampai ada cairan coklat dan minyak yang belum tercampur, nanti bisa bantat ya.


Tuang ke dalam loyang 20×20 atau 24×24, kalau 18×18 terlalu tebal nantinya, karena mau saya jadikan cake potong.


Pakai loyang tulban atau bulat juga bisa, kemudian masukkan ke dalam dandang berisi air yang sudah dipanaskan sebelumnya, lalu kukus selama 30 menit /sampai matang.


Setelah matang, angkat dan dinginkan, itu yang tengah terkena tetesan uap air tapi nggak begitu merubah adonan.


Padahal sudah ditutup dengan kain, kemudian potong pinggiran cake, lalu potong dan hias cake sesuai selera.


Selamat mencoba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel